INFO MENDELEY TERLENGKAP





A. Pengertian mendeley
Adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book  dan referrensi lainnya, sekaligus membantu menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online.

B.      Fungsi mendeley
Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

C.      Keuntungan mendeley
  • Semua file yang telah kita masukkan dalam program mendeley akan terdeteksi secaraotomatisbaik berupa judul, penulis, halaman , volume tipe file, abstrak, url asal dsb, tanpa harus kita masukkan satu persatu.
  • Detail – detail yang telah terdeteksi tersebut dapat kita edit sesuai keinginan.
  • Keuntungan selanjutnya dengan fasilitas web import yang di sediakan oleh mendeley memudahkan kita dalam menambah file ke dalam program tersebut tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Kemudian mendeley dapat langsung menghubungkan kita dengan website, jadi jika kita mempunyai akun mendeley dapat di sinkronkan langsung dengan data – data dan file – file yang ada di laptop/computer kita, sehingga dapat di akses kapan pun kita membutuhkannya dan di mana pun kita berada asal ada jaringan internetnya.
  • Setiap karya tulis ilmiah yang kita upload ke dalam program mendeley akan terurut secara otomatis baik penulis judul tahun dan penerbit sehingga dalam membuat daftar pustaka penulis tidak harus mengurutkannya lagi.

D.      Sejarah mendeley
      Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang  berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

E.     Cara mendownload Mendeley
Untuk menggunakan aplikasi mendeley  pertama tama anda harus mendownload softwearnya
terlebih dahulu, untuk proses mendownload anda bisa kunjungi alamat berikut, klik salah satunya.
Langkah pertama :Visit address: https://www.mendeley.com/
                                 https://www.mendeley.com/download-mendeley-desktop/
Sehingga menampilkan layar seperti berikut:
Pic 1


Langkah kedua anda harus mengisi form registrasi dengan menekan create new account, hingga muncul gambar seperti di layar berikut:
Pic 2


Langkah ke tiga : Klik continue, dan form selanjutnya anda isi sesuai pekerjaan dan aktifitas anda :
Pic 3
Setelah anda klik creata account, maka software mendeley link akan muncul otomatis
Kemudian langkah selanjutnya konformasikan pendaftaran melalui email yang dikirim mendeley ke email anda. Sekarang buka email dan klik verify email address.
Pic 4
Tahap pendaftaran mendeley sudah selesai. Selanjutnya untuk menggunakan mendeley anda tidak perlu terkoneksi jaringan internet cukup hanya pada sesi pendaftaran saja. Setelah terdownload langkah selanjutnya adalah meng install aplikasi mendeley di laptop anda.

F.      Cara menginstal mendeley
    Setelah aplikasi mendeley terdownload maka tahap selanjutnya sebelum di gunakan, aplikasi tersebut harus di install terlebih dahulu di laptop anda. Untuk cara menginstalnya ikuti langkah – langkah berikut :
Langkah pertama klik dua kali pada file mendeley  yeng telah anda download hingga muncul tabel kecil seperti di pic 2
Pic 1


Pic 2


Langkah ke dua tekan next hingga muncul tabel seperti dibawah, selanjutnya ikuti instruksi yang telah di beri lingkaran merah  seperti di gambar – gambar berikut ini:
Pic 3
Pic 4


Pic 5

Langakah ke tiga setelah semua instruksi anda ikuti maka akan muncul tabel proses mendownload aplikasi. Nah setelah proses mendownload selesai aplikasi mendeley akan muncul  di destop computer anda, dan mendele pun sudah bisa di gunakan.




G.    Cara menggunakan Mendeley
Sebelum menggunakan mendeley langkah pertama yang harus anda lakukan adalah konfigurasi kan mendeley dan  microsotf word terlebih dahulu dengan cara  buka mendeley yang telah anda download melalui destkop atau menu program, hingga menampilkan sepeti gambar berikut:
Pic 1

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik menu tools (atas sebelah kiri) pilih instal MS word plugin, kemudian cek apakah plugin mendeley sudah terinstal di microsoft word, dengan cara buka Microsoft word dan pilih reference
Pic 2


Pic 3
Selanjutya sebelum anda bekerja dengan software mendeley terlebih dahulu buatlah folder di mendeley agar referensi pekerjaan anda dapat terpisahkan dari data atau file lain.

 Pic 4
Setelah folder Anda dibuat selanjutnya adalah menambahkan file referensi ke dalam folder tersebut. File referensi bisa berbentuk file ebook, journal, skripsi. Klik Add Files (pojok kiri atas) lalu pilih file yang akan dimasukan kedalam folder library.
Pic 5

Setelah file sudah terinput kedalam folder, klik 2x file tersebut dan kita akan setting nama pengarang, judul. Tahun, kota dan penerbit.
Pic 6


Silahkan lakukan proses ini untuk beberapa file lainnya yang Anda masukkan ke dalam folder library.
Title: isi dengan nama judul ebook/skripsi/jurnal
Authors: isi nama pengarang
Jurnal: isi dengan kota dan penerbit
Year: isi dengan tahun terbitan


Selanjutnya Anda akan mengutip paragraph yang ada di file yang sudah dimasukkan kedalam folder tadi. Buka Microsoft word lalu paste-kan paragraph yang sudah Anda copy sebelumnya lewat mendeley. Setelah di paste pada Microsoft word pilh menu references pilih insert citation (yang ada gambar plus) lalu ketik nama pengarang ebook/skripsi yang anda kutip maka mendeley akan mencari oomatis, klik ok.


         Sekarang Anda sudah dapat membuat bodynote secara otomatis dengan mendeley. Sekaligus  daftar pustaka otomatis dari  referensi yang sudah dikutip.Ada beberapa kasus yang terjadi mungkin Anda pernah mengalami. Didalam karya ilmiah sebenarnya Anda mengutip dari buku/journal tapi lupa tidak dicantumkan dalam daftar pustaka atau sebaliknya Anda tidak sama sekali mengutip tetapi Anda mencantumkannya di daftar pustaka. Dengan adanya mendeley maka kesalahan di atas dapat Anda minimalisir.



Comments

  1. hai mau nanya dong , jadi aplikasi ini kalau kita mau gunain untuk tugas akhir tetep ngetik di word kan tapi nanti di connect ke deley ?

    ReplyDelete
  2. muncul kalimat seperti ini" citation/bib;iography is wrongly placed in index area. please delete......" dan sangat mengganggu saya. bagiamana solusinya.

    thanks
    rido pontianak

    ReplyDelete
  3. muncul kalimat seperti ini" citation/bib;iography is wrongly placed in index area. please delete......" dan sangat mengganggu saya. bagiamana solusinya.

    thanks
    rido pontianak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Dokumen Menggunakan LATeX